Awal mula kepandaian menanam padi di Indonesia

Kapankah dan dari manakah  kepandaian menanam padi itu masuk ke Indonesia dan lain kepulauan di Asia Tenggara ?

Padi itu menurut para ahli, mulai ditanam untuk pertama kalinya di daerah pegunungan Assam Utara atau Birma Utara. Dari daerah itu kepandaian menanam padi yang mula-mula diterapkan dengan teknik bercocok tanam di ladang itu, dibawah ke arah timur, ke Cina Selatan, melalui lembah sungai Yangtse, yang sejajar dengan sungai Mekhong memang melalui daerah pegunungan di sebelah utara Assam dan Burma itu.
Dalam proses persebaran itu padi mulai ditanam dengan teknik irigasi yang sudah dikenal oleh suku-suku bangsa penduduk Cina Selatan, dan demikian menjadi bercocok tanam di sawah, seperti yang kita kenal sekarang ini. Kecuali ke Timur, ada juga persebaran dari kepandaian menanam padi di ladang, ke seluruh Asia Tenggara, sampai ke Kepulauan Indonesia dan Filipina. Adapun kepandaian menanam padi dengan sistem irigasi persawahan, baru lama kemudian diterapkan oleh penduduk Indonesia, pada mulanya mungkin karena pengaruh dari bangsa-bangsa yang juga membawa kepandaian membuat benda-benda perunggu, atau bangsa-bangsa yang datang sesudah itu. Namun, kepandaian menanam padi di sawah itu sudah dikenal paling sedikit oleh penduduk Jawa, sebelum pengaruh Kebudayaan Hindu datang dalam abad ke 14 Masehi.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar