Penyakit Jiwa Identik Kejeniusan




Menurut Dr. Kenneth Lyen setidaknya ada 7 penyakit yang mengaitkan antara kelainan JIWA dan JENIUS. Meskipun itu kondisi yang masih sulit didiagnosa. Apa saja penyakit tersebut ?
Jawabannya sebagai berikut :

1. Disleksia

Adalah gangguan belajar yang ditandai dengan kesulitan mengenali dan memahami bahasa tertulis ketika membaca, menulis, dan mengeja. Orang-orang terkemuka yang diduga menderita Disleksia adalah :
-Albert Einstein
-Thomas Alva Edison
-Walt Disney
-Pablo Picasso
-Lee Kuan Yew

2.Bipolar

Gangguan Bipolar dicirikan oleh perubahan suasana hati antara euforia dan depresi. Gejala psikotiknya seperti delusi, halusinasi, paranoia, atau berperilaku aneh. Orang yang terkenal yang dianggap mengalami Bipolar adalah :
-Winston Churchill
-Edgar Allan Poe
-Sylvia Plath
-Robert Schumann
-Vincent Van Gogh
-Tim Burton
-Francis Ford Coppola

3. Schizofrenia



Adalah gangguan kejiwaan yang parah ditandai dengan halusinasi, delusi, emosi yang tumpul dan penarikan diri dari dalam. Contoh orang jenius yang terpengaruh Schizofrenia adalah John Nash

4. Obsesif-Compulsive Disorder (OCD)



Adalah kondisi kejiwaan yang ditandai dengan tekanan untuk berpikir dan berperilaku terus-menerus. Seperti obsesi untuk terus mencuci tangan, mengecek pintu berulang-ulang karena ada perasaan tidak nyaman. Orang terkenal yang memperlihatkan kecenderungan OCD antara lain :
-Nikola Tesla
-Howard Hughes
-Marc Summers

5. Autistic Savant

Sekitar 10% penderita autis memiliki savant syndrome yang menunjukan bakat-bakat luar biasa seperti menghitung cepat, kemampuan mekanik, seni lukis, atau patung dan musik. Beberapa Profesor di Universitas yang cenderung suka menyendiri terdiagnosis memiliki autistic savant

Prime numbers "doodled" by an autistic child [Author's files]
Anak autis lain terpesona dengan bilangan prima. Dia tahu langsung jika sejumlah itu prima, menjadi 7 digit angka. Ketika meninggalkan dirinya sendiri, ia sering mencoret-coret bilangan prima dalam berbagai kombinasi


6. Terminal Illness
Meskipun bukan kondisi kejiwaan, penyakit ini dapat memicu respon emosional yang luar biasa pada penderitanya. John Stuart Mills menderita TBC, yang tidak dapat disembuhkan dan menyebabkan kematian perlahan-lahan. Setelah didiagnosa, dia mulai menulis karya-karya yang akan membuatnya terkenal.

7. Epilepsi

Penyakit ini juga bukan masalah kejiwaan, tetapi banyak orang cerdas memiliki riwayat epilepsi. Karena ini adalah kondisi otak maka ini relevan ketika mendiskusikan fungsi otak yang superior. Orang terkenal yang menderita epilepsi antara lain :

-Julius Caesar
-Alexander Agung
-Napoleon Bonaparte
-Pyotr Tchaikovsky
-Charles Dickens
-George Handel
-Hector Berlioz

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar:

  1. selain menjaga kejiwaan kita juga harus menjaga raga kita, agar keseimbangan jiwa dan raga dapat tercapai, Untuk itu kita memerlukan sarana dan prasana olahraga yang di kerjakan oleh Kontraktor Lapangan Olahraga yang berpengalaman

    BalasHapus