Band Indonesia Yang Menginspirasi Band The Beatles




Siapa sangka ternyata legenda The Beatles cara bermusik dan aksi panggungnya terinspirasi dengan band Indonesia yakni The Tielman Brothers. The Tielman Brothers menjadi sejarah Rock n Roll Indonesia yang dilupakan bangsanya. Mereka adalah orang keturunan Maluku yang besar di Surabaya dan pindah ke Belanda untuk mengadu nasib. Mereka adalah kakak beradik dari pasangan Herman Tielman dan Flora Lorine Hess. Pasangan kakak beradik ini antara lain, 

 Andy Tielman  Lahir di Makasar 30 Mei 1936 (lead guitar, vocals), 
Reggy Tielman (Reginald) Lahir di Surabaya 20 Mei 1933 (2nd lead guitar, vocals), 
Ponthon Tielman Kelahiran 04 Agustus 1934  (double bass, vocals), 
Loulou Tielman (Herman Lawrence) Tielman Lahir disurabaya 30 Oktober 1938 (Drums, vocals).


Kisah The Tielman Brothers berawal di Surbaya ketika pada tahun 1945 mereka mulai tampil bersama membawakan lagu dan tarian daerah. Bakat seni musik mereka diturunkan dari ayahnya yang gemar menyelenggarakan pesta dan bermain musik bersama dengan teman seprofesinya sebagai Tentara KNIL. Penampilan pertama mereka pada acara pesta yang membuat teman ayahnya terkagum-kagum karena dapat memainkan lagu-lagu sulit seperti Tiger Rag dan 12th Street Rag. Sejak saat itu mereka sering tampil di acara-acara pribadi di Surabaya. Tawaran tampil pun berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia.
  

Paska kemerdekaan Republik Indonesia, mereka kerap diundang oleh Presiden Soekarno untuk tampil di Jakarta. Demi mengembangkan karirnya dalam bermusik, pada tahun 1957 akhirnya mereka memutuskan untuk hijrah ke negeri Belanda. Kebiasaan bermusik di keluarga yang kental membuat Tielman Bersaudara ini sangat mahir dalam bermusik, dan menciptakan sound-sound yang unik pada zamannya.

The Tielman Brothers, Andy Tielman sang frontman sering atraksi bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala atau di belakang badan. Aksi ini dilakukan oleh Andy 11 tahun sebelum permainan gitaris Jimmy Hendrix yang baru terkenal pada tahun 1967. Pelopor musik Rock And Roll adalah Band Indonesia. Band inilah yang menginspirasikan The Beatles.The Tielman Brothers datang sebelum masa Rock And Roll, mereka orang Indonesia keturunan Maluku yang dibesarkan di Surabaya. 


Paul McCartney ternyata mengagumi band ini dan terinspirasi dari Tielman Brothers sebelum The beatles terkenal pada awal 1960-an. The Tielman Brothers telah membawakan lagu-lagu Rock And Roll jauh sebelum The Beatles muncul. Saat The Beatles naik panggung pertama kali di Jerman, grup band asal Inggris ini sempat melihat penampilan The Tielman Brothers yang manggung menggunakan Hofner Violin bass. Dan saat itulah untuk pertama kalinya Paul MCCartney melihat Bass Violin Hofner. Andy Tielmans sang gitaris memakai Fender Jazz master Khusus 10 Strings.



Fender sengaja mengirim utusannya ke Jerman saat itu untuk merancang gitar buat Andy Tielman.
Dengan membawa budaya tropis dan kecintaan kepada gitar, Tielman Brother melahirkan Indorock yang bercirikan dominasi gitar yang dipadukan dengan musik Hawaii, Country, dan Rock And Roll. Panggung tempat mereka bermain selalu dipenuhi aksi-aksi spektakuler pada zamannya, style bermain gitar dengan meliuk ala Heavy Metal 80-an, aksi manggung liar ala Punk, main drum sambil berdiri ala Lars Ulrich Metallica, dan betot ulur bass yang mengesankan ala Kom.
 


Pada awal tahun 1960 The Tielman Brothers merilis 4 lagu ciptaan mereka sendiri, lagu itu antara lain My Maria, Yo’re Still The One, Black Eyes, dan Rock Little Baby. Lagu ciptaan mereka ternyata banyak disukai oleh orang-orang Eropa (Khususnya Belanda). Orang Belanda sering menyebut aliran musik tersebut sebagai Indorock. Dedikasi dan inovasi Andy yang sangat berpengaruh bagi perkembangan budaya pop Belanda membawa gelar The Godfather Of Dutch Rock And Roll, The Uncrowned King Of Indorock, dan penghargaan Order Of The Orange-Nasssau ke pangkuannya. 

Special Thanks to :npogeschiedenis.nl, samsam music

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar