Napoleon Kalah Telak


Setelah bertahun-tahun perselisihan dan gejolak politik, rakyat Perancis menyambut Napoleon sebagai pemimpin baru mereka pada tahun 1799. Napoleon dianggap genius militer besar, dan salah seorang komandan berpengaruh besar dalam sejarah. Sekalipun demikian ia juga digambarkan sebagai seorang musuh dan pengganggu perdamaian dunia.

Walaupun Eropa mengalami masa damai yang pendek pada tahun 1802, Napoleon setelah menarik usaha meningkatkan pengaruh Perancis di Amerika Utara, mengalihkan perhatiannya untuk memperluas kerajaannya di Eropa. Untuk mengumpulkan uang, dia menjual lahan yang amat luas di Amerika Utara bernama Louisiana kepada orang Amerika.

Tahun 1803 Perancis dan Inggris terlibat dalam perang lagi. Napoleon ingin mendaratkan pasukan di Inggris, jadi dia harus mengendalikan lautan. Tetapi pada Tahun 1805 armada kapal Inggris yang dipimpin oleh Lord nelson mengalahkan gabungan armada kapal Perancis dan Spanyol dalam pertempuran di Trafalgar. Kekalahan ini mengakhiri harapan Napoleon untuk menyerbu Inggris.
Pada Tahun 1812 Napoleon menciptakan kerajaan Perancis yang meliputi hampir seluruh Eropa. Akan tetapi setelah kampanye yang mendatangkan malapetaka di Rusia, Kerajaan Napoleon mulai goyah.

Dampak: Kenapa Battle of Waterloo Dianggap Penting bagi sejarah Eropa ?

                                                                  Poto dari : i.telegraph.co.uk/

Eropa yang kita lihat sekarang itu, asalnya dari perang ini. Hasil dari Battle of Waterloo itu merubah wajah eropa, merubah konstelasi ekonomi dan kekuatan perang dan politik di Eropa. Pemenang di perang ini jadi penguasa Eropa yang baru. Abis perang ini ada Kongres Wina, di sini. Perbatasan antar kerajaan digambar ulang, monarki Eropa berhasil konsolidasi. Banyak negara yang kamu kenal sekarang itu dulunya gak ada, lahir setelah perang ini. Kaya Belgia, Jerman, Belanda, itu dulu namanya beda atau bagian dari kerajaan lain. Jaman dahulu penguasa Eropa itu Roma. Lalu di jaman penjelajahan samudra Spanyol dan Portugal. Setelah perang ini Inggris, Jerman, dan Belanda, muncul sebagai kekuatan baru di Eropa. Perang negara-negara paling kuat pada masanya. 

April 1814 Napoleon dipaksa untuk turun tahta, ia diasingkan di Elba sebuah pulau lepas di Italia. Napoleon kembali dengan pasukan baru tahun berikutnya untuk menawarkan kekuatan lain.

                                                                        Photo dari : Kaskus

Gabungan pasukan Inggris, Austria, Prusia, Rusia berhasil mengalahkan pasukan Napoleon dalam pertempuran di Waterloo tahun 1815. Pertempuran itu merupakan pertempuran terakhir bagi Napoleon. Jumlah tentara Perancis lebih banyak dan artelerinya juga lebih baik tetapi mereka kalah telak. Napoleon diasingkan ke pulau St. Helena, dan ia meninggal disana pada tahun 1821. 

      History The battle of waterloo

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar