Mengenang Untung Surapati, Pahlawan Pejuang Kemerdekaan


Tidak diketahui dengan pasti bagaimana asal-usul Untung Surapati. Menurut cerita, beliau adalah keturunan bangsawan Bali yang diculik dan dijadikan budak belian.
Anak itu dibeli oleh seorang pegawai VOC di Batavia yang bernama Edeleer Moor. Selama memelihara budak itu, ia bertambah kekayaan dan naik pangkatnya. Dengan kata lain anak itu mendatangkan keuntungan sehingga orang Belanda tersebut memberi nama “Untung”Karena Untung mempunyai hubungan asmara dengan salah seorang putri tuannya, ia dipenjarakan dan banyak mengalami siksaan yang berat. 

Dengan beberapa orang temannya, Untung berhasil melarikan diri ke hutan. Berencana tuk mengadakan serangan terhadap orang Belanda dan harta milik mereka di Batavia. Menurut Untung, orang Belanda lah yang menyebabkan hidupnya susah. Maka ia bertekad membalas perbuatan Belanda yang menyengsarakan hidupnya.

Untung Surapati berpura-pura menyerah dan akhirnya bergabung dalam tentara VOC dengan pangkat letnan. Pengangkatan ini tidak menjadikan Untung Surapati memihak kepada Belanda. Dalam suatu pertengkaran, ia membunuh seorang perwira Belanda. Ia kemudian keluar dari dinas militer dan melarikan diri dari daerah Priangan.Dari daerah Priangan ini Untung Surapati terus mengumpulkan dan mengajak rakyat yang simpati pada perjuangannya melawan Belanda. Mereka melancarkan serangan gerilya terhadap Belanda.


Belanda terus mengejar Untung Surapati sampai di Kartasura. Pada masa itu hubungan antara Susuhunan Mangku Rat II dengan VOC dalam situasi permusuhan semenjak tewasnya Trunojoyo pada tanggal 2 Januari 1690. Susuhunan mempercayakan pasukan tentara kepada Surapati. Dalam pertempuran di Kartasura, pasukan Belanda berhasil dihancurkan. Pemimpin pasukan Belanda yang bernama Kapten Jack tewas ditangan Surapati.

Di Pasuruan dengan seizin Mangku Rat II, ia mendirikan sebuah kerajaan dengan gelar Adipati wironegoro. Benteng-benteng untuk melindungi kerajaannya telah didirikan, tetapi dalam serangan pada bulan November 1706 Untung Surapati terluka para dan gugur pada tanggal 12 Oktober 1706.

video :UNTUNG SURAPATI DOKUMENTER

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar