Band Anda Sukses ?? Pasti Karena Anda Tahu Caranya

Ada beberapa tips yang bisa direnungkan, dan sebagai topik pembahasan dengan grup / partner anda dan mungkin bermanfaat untuk peluang karir band supaya jadi TOP (Time, Oppurtunity, Place). Kalu sudah jadi TOP manfaatkan dan gunakan karena 3 unsur tersebut berjalan dengan sendirinya :

  1. Memiliki Tujuan
    Anda harus memiliki tujuan dalam mengembangkan karir, bisnis musik adalah bisnis yang keras, apalagi juka anda tidak memiliki panduan yang jelas. Kebanyakan label rekaman, penerbit musik, manajer, produser, pengacara hiburan dan bahkan agensi booking tidak akan mau bekerja sama dengan artis yang belum jelas menentukan arah dan tujuan bagi bandnya, mereknya.

      2. Memiliki Perangkat Menuju Kesuksesan

    Sebenarnya ada sebuah proses untuk menjadi musisi profesional dan mendapatkan sebuah kontrak rekaman. Industri musik dipenuhi dengan rumor, mitos, dan misi informasi yang membuatnya sulit untuk menggoreskan kesuksesan diatasnya. Pahami bagaimana industri musik ini bekerja tentunya dapat menjadi aset yang sangat berharga.

    Daftar berikut memuat beberapa perangkat wajib untuk musisi profesional :


a. Press Kit / Promo Pack
Sebuah Demo CD yang berisikan 3-4 lagu terbaik Band anda (perhatikan kualitas lebih utama daripada kuantitas suara ataupun lagu)
  • Biografi Artis (informasi artis, termasuk siapa saja mereka, apa yang mereka lakukan, apa yang sedang mereka kerjakan, dll)
  • Daftar lagu / song list
  •  Lirik-lirik lagu ( materi lirik lagu milik artis yang termuat dalam demo mereka)
  •  Foto artis
  • Berbagai kisah menarik atau resensi yang ditulis media cetak
  • Band harus mengikuti perkembangan teknologi dan telekomunikasi (minimal tahu perkembangannya dan mengerti cara penggunaan teknologi up to date )
  •  Pilihlah seorang music Directur (MD) yang handal serta tahu benar industri musik yang sekarang ini.

         b. Media Cetak adalah instrumen yang sangat penting untuk jadi sukses band anda. Seperti   majalah-majalah, surat kabar, radio, tv, dan internet termasuk yang harus di konsumsi. Sebuah band / artis yang sangat berbakat dan terus menerus melakukan promosi bagi kemajuan karirnya memiliki kesempatan yang besar untuk mendapat perhatian agar dikontrak label rekaman. Manfaatkan penggunaan media dengan memasang iklan supaya tahu keberadaan band anda.


        c. Maksimalkan pemanfaatan mailing list. Milis ini terdiri dari nama-nama dan kontak informasi para penggemar, kontak media, pelaku industri musik, dan siapa saja yang memiliki minat yang sama
        (bisnis dan sebaliknya) dengan anda (sang artis). Sebuah mailing list dapat menjadi aset yang berharga bagi aris siapa saja apabila mereka memanfaatkannya secara maksimal.






       3. Pemandu Karir

    Manajemen yang profesional dan berpengalaman mutlak harus ada. Jika memang manajer yang anda cari, jangan pertaruhkan karir band anda di tangan seseorang yang sama sekali tidak memahami cara bekerja bisnis musik apalagi tidak berpengalaman sama sekali di dunia bisnis yang satu ini.

    Dedikasi, kegigihan keuletan yang dapat membawa artis/band ke puncak kesuksesan di bisnis musik. Bila anda memiliki  dedikasi untuk mengarungi suka-duka dan berhasil menghalau segala rintangan yang menghadang, sepertinya anda semakin dekat dengan "keajaiban"itu.


       4.. What Can I Do

        Meminta pada diri sendiri untuk asah terus, latihan, latihan latihan
        Didiklah diri anda dengan meminta pada diri sendiri untuk belajar pengetahuan tentang bisnis musik, carilah fakta-fakta dan pelajari bisnis ini
        Promosi !! mungkin anda adalah musisi terhebat atau penyanyi paling sensasional yang pernah ada di planet ini, tapi kalau tanpa didukung promosi, siapa yang tahu anda ?

       6. Memiliki Komitmen Jangka Panjang

    Menjadi seorang musisi adalah kerja keras seumur hidup, bukan sekedar iseng-iseng. Mereka (musisi) bukan hanya mencelupkan jempol kakinya pada wadah air, tapi kepala mereka pun turut serta terjun hingga ke permukaan air.Serius memperlakukan hobi pribadi, maka selamanya cuma sebagai kesenangan semata. Namun jika kamu bergairah untuk menjadikan hobi mu itu hobi bersama dan menjadikannya profesional, maka anda harus menampilkan diri dan apa yang dilakukan secara profesional juga.

                   

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar